Monday, December 17, 2012

Banyak Makan, ASI Makin Banyak ?

Banyak Makan, ASI Makin Banyak ?


Jakarta - Nasihat yang paling sering didengar ibu menyusui adalah harus banyak makan agar ASI yang keluar juga makin bertambah. Apakah nasihat itu benar atau hanya sekadar mitos? Inilah jawaban dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia.

"Itu salah satu mitos juga. Kebutuhan makanan ibu menyusui memang lebih tinggi sedikit, tapi tidak butuh terlalu banyak," jelas Deputy Chairwoman Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar saat berbincang dengan wolipop Kamis (19/9/2012).

Nia menjelaskan, ketika hamil, wanita biasanya akan mengalami pertambahan berat badan. Penambahan bobot tubuh ini ternyata ada manfaatnya. Saat ibu melahirkan, kelebihan berat di tubuh itu jadi bahan bakar untuk menyusui.

Kelebihan berat badan itu bisa cepat dipangkas dengan menyusui bayi. Namun yang seringkali terjadi adalah, para ibu menjadikan menyusui sebagai alasan untuk makan banyak, termasuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junkfood. Sehingga alhasil berat badan bukan turun, tapi bertambah.

Makan tidak terkontrol inilah yang bisa membuat ibu justru makin gemuk setelah melahirkan, meski menyusui. Sebenarnya jika ibu makan dengan gizi seimbang, memperbanyak asupan sayur dan buah, menyusui bayi terbukti membantu penurunan berat badan secara alami.

"Menyusui sudah banyak terbukti membakar kalori banyak sekali. Sekitar 500-600 kalori setiap harinya," ujar Nia, ibu dua anak yang juga Ketua Ikatan Konselor Menyusui Indonesia itu.


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.